Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi

Selamat Datang di Media Informasi Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi | Jalan Sejahtera No. 2 Kota Sukabumi Telp. 0266-227330, 222186, 217162 Fax 0266-227330
DP2KP ON TWITTER

Pencarian di blog ini

Senin, 14 Juli 2014

Hidup Sehat Dengan Mengkonsumsi Jagung Pro Vitamin A

Jagung hibrida Provit A merupakan hibrida silang tunggal yang didapatkan dari hasil persilangan Carotenoid yang diintroduksi dari CIMMYT Thailand, merupakan galur elit yang mempunyai kandungan Pro vitamin A (Beta karoten) yang lebih tinggi dibandingkan jagung kuning yang ditanam ditingkat petani.
Jagung ini mempunyai kandungan beta karoten sebesar 0,081 ppm, lebih tinggi dibanding jagung kuning yang kandungan beta karotennya hanya dibawah 0,050 ppm. Selain itu kandungan protein total juga lebih tinggi dibanding jagung pada umumnya yaitu 9,34%.

Memiliki penampilan tanaman yang besar dan kuat, perakaran yang baik, jagung ini tahan rebah. Bentuk tongkol panjang silindris, kedudukan tongkol di pertengahan tanaman. Kelobot menutup tongkol dengan baik. Tipe biji Mutiara berwarna kuning kemerahan, baris biji lurus dan rapat, warna biji putih, jumlah baris/tongkol 14-16. Bobot 1000 biji ± 264 g.
Kelebihan lain dari varietas ini adalah umurnya yang tergolong genjah yaitu 100 hari dan Stay green, yaitu warna batang dan daun diatas tongkol masih hijau saat biji sudah masak/waktu untuk panen.  Potensi hasil dari jagung ini mencapai 10 t/ha.
Pengembangan jagung ini diharapkan dapat menggantikan varietas lokal produktivitas rendah yang  banyak ditanam oleh petani. jagung serta bermanfaat untuk ditanak sebagai nasi jagung dan subtitusi beras bagi penderita rabun atau penyakit akibat kekurangan vitamin A. Di masa mendatang jagung ini diharapkan akan lebih berkembang baik sebagai pangan maupun maupun bahan industri tepung sehat yang dapat menjadi salah satu menu sehat.


http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/1767/



Berita Media