Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi

Selamat Datang di Media Informasi Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi | Jalan Sejahtera No. 2 Kota Sukabumi Telp. 0266-227330, 222186, 217162 Fax 0266-227330
DP2KP ON TWITTER

Pencarian di blog ini

Rabu, 21 Agustus 2013

Bawang Putih Turunkan Risiko Kanker Paru Bagi Perokok Sekalipun


Makin banyak riset ilmiah yang membuktikan khasiat bawang putih untuk kesehatan manusia. Belum lama ini para peneliti di Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention di China mengemukakan mengonsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan risiko kanker paru hingga 44 persen.

Dilansir Daily Mail, dalam riset tersebut, para peneliti membandingkan kondisi 1.424 pasien penderita kanker paru dengan 4.500 orang dewasa sehat. Masing-masing diberi pertanyaan soal diet dan gaya hidup, berikut seberapa sering mengonsumsi bawang putih dan merokok atau tidak.
Hasilnya, mereka yang mengonsumsi bawang putih mentah sedikitnya dua kali seminggu tidak begitu berisiko mengalami kanker paru, bahkan perokok pasif sekalipun (pada perokok risikonya menurun sampai 30 persen).
Hasil penelitian tersebut kian menambah bukti khasiat bawang putih. Sebelumnya penelitian University of South Australia, mengungkap mengonsumsi bawang putih mentah juga mampu mengurangi risiko tumor usus hingga sepertiga.
Bawang putih diyakini memiliki allicin, semacam zat kiwiami yang keluar saat bawang dipotong. Fungsinya meredakan inflamasi di dalam tubuh dan bekerja sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi radikal bebas di dalam sel tubuh. Flu, bahkan malaria, juga diyakini dapat disembuhkan dengan bawang putih.

Penulis : Daniel Ngantung | Sumber : www.tribunnews.com

Berita Media