Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi

Selamat Datang di Media Informasi Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi | Jalan Sejahtera No. 2 Kota Sukabumi Telp. 0266-227330, 222186, 217162 Fax 0266-227330
DP2KP ON TWITTER

Pencarian di blog ini

Kamis, 26 September 2013

Panen Raya Di Kelurahan Jaya Mekar





Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, SH., MM., yang didampingi oleh Ir. Hj. Kardina Karsoedi, MT selaku Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi bersama unsur Dinas Pertanian Propinsi Jawa Barat, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jabar, PT Pupuk Kujang, KTNA Kota Sukabumi, dan para kelompok tani dari kecamatan Baros melaksanakan panen raya di Kp. Neglasari, Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Selasa, 24 September 2013. 


Panen di lahan seluas 2 hektar (ha) ini, menghasilkan padi sebanyak 7,3 – 13,4 ton/ha, dengan menggunakan pupuk NPK Kujang. Direktur Komersil PT Pupuk Kujang, Drs. Illiana Arifiandi,Ak.MM., mengatakan, Demplot ini menggunakan dua jenis pemupukan, yakni 1 ha lahan menggunakan pupuk Urea dan pupuk NPK Granul, sementara 1 ha lagi menggunakan Pupuk Urea dan Pupuk Kujang Blending. 

Pada demplot ini para petani juga diperkenalkan penggunaan padi jenis baru yaitu varietas padi Inpari 12,14, 18, 19, 20 dan Sintanur yang pengadaannya bekerjasama dengan BPPT Lembang. Jenis padi dari BPPT Lembang ini dapat meningkatkan produksi pertanian hingga 13,4 ton/ha. 

Ketua Kelompok Tani Bina Mekar 1, Kel. Jaya Mekar, Karsudin mengatakan bahwa metode demplot ini berhasil meningkatkan produksi padi. 

Pada kesempatan ini juga disampaikan kebijakan baru yang diterapkan oleh PT Pupuk Indonesia diantaranya mengenai rayonisasi mitra pupuk organik. Saat ini, mitra organik di Sukabumi telah menjadi mitra PT Pupuk Kujang, tidak lagi menjadi mitra PT Petrokimia Gresik



Penulis : Ratna Nurseha | Sumber : www.sukabumikota.go.id

Berita Media